jump to navigation

Alay Twitter dengan Modus ‘Promote’ 12 April 2010

Posted by adhitya nagara in sebuah postingan.
trackback

Alay, alay, alay.

Ya, salah satu fenomena internet di kalangan pengguna Indonesia yang paling heboh masa kini. Apa itu definisi Alay? Wah, sejujur-jujurnya, banyak sekali yang bisa diartikan dari alay. Tapi mari kita adakan sedikit tes untuk menentukan apakah kamu alay apa tidak. Jawab pertanyaan dibawah ini dengan sejujurnya, dan jawablah apa yang hatimu katakan (mungkin dia akan menjawab ‘grooooook’).

  1. Apakah kamu suka menulis dengan gabungan huruf besar dan kecil? Maksud saya disini bukanlah kapitalisasi huruf awal, tapi pada kasus ini, ada beberapa kapitalisasi di tengah, ataupun ujung kata.
  2. Lalu, apakah kamu suka menggunakan simbol sebagai pengganti huruf/angka? Contoh: E menjadi 3, 1 menjadi !.
  3. Apakah, menurut hatimu yang paling dalam, kamu berpikir bahwa jenis tulisan seperti yang saya contohkan diatas terlihat sangat gaul dan up to date?
  4. Apakah kamu suka dengan band Lyla?

Baiklah, tidak usah hiraukan pertanyaan nomor empat. Mau tau hasilnya? Begini cara memeriksanya:

Bila jumlah ya kamu 0 < x < 2 maka dalam hatimu, ada secercah sifat alay… jangan biarkan ini terus berkembang. Kemungkinan sembuh > 80%.

Bila jumlah ya kamu 1 < x < 3 maka kamu dapat dikatakan Alay… maaf sekali. Jangan ingkari kata hatimu. Beberapa sesi psikoterapi mungkin akan membantu.

Bila jumlah ya kamu = 3 maka kamu… Alay SEJATI. Sangat susah untuk menyembuhkan dirimu. Segeralah berobat ke luar negri jika perlu.

Bila jumlah ya kamu = 0 maka SELAMAT kamu bukan ALAY. Berbanggalah karena kamu telah menjadi warga Indonesia yang baik dan benar.🙂

——————-

Oke. Sudah tau kamu alay apa bukan? Good. Apakah kamu punya Twitter? Jika ya, mari simak apakah kamu juga Alay twitter. NB: Kriteria alay twitter ini tidak resmi. Hanya kriteria yang saya buat sendiri.

Temanya adalah, ‘alay dengan modus promote’? Kamsud, boz!?

Pernahkah anda melihat tweet seperti “PROMOTE? RT!” Biasanya, seseorang yang me-tweet ini mempunyai follower yang lebih dari 200. Biasanya yang saya lihat sih 500an. Lalu, bagaimana ini berkerja? Gampang. Seseorang akan tertarik untuk me-RT tweet tersebut (karena ia merasa kurang keren atau entah apa saking depresinya mau lebih banyak follower — ingat, sederhananya, lebih banyak follower kamu, akan lebih banyak orang yang tahu kelemahanmu dan siapa tahu, ada yang akan menggunakan pengetahuan tersebut untuk menjatuhkanmu di masa depan — dan tentu saja, ini dengan asumsi bahwa kamu nge-tweet tentang kehidupanmu sehari-hari, dan bukannya cuma nge-tweet biar di reply artis-artis tertentu). Nah, setelah ‘korban’ meng-RT tweet tersebut, follower ‘korban’ tersebut juga akan bisa melihat tweet ALAY ini, dan siapa tahu, mereka juga akan me-RT tweet tersebut. Fenomena ini bisa terus menerus menjalar ke seluruh pelosok twitter sehingga tidak mustahil bisa menjadi Trending Topic.

Nah, apa gunanya buat si pembuat tweet alay tersebut? FOLLOWERS. Mereka terlalu terobsesi dengan jumlah follower mereka (mungkin mereka merasa dengan follower beratus-ratus, atau mungkin beribu-ribu bisa membuat mereka makin dekat dengan yang namanya stardom) sehingga mereka ga henti-hentinya bikin tweet tersebut. Lalu, pada akhirnya ia akan memention semua yang udah meng-RT tweet alay mereka pada tweet selanjutnya. Contoh:

Anggap nama alay twitter ini @MsAlayBangga. Jumlah follower 1000. Jumlah tweet 10,000 (semuanya sampah). Dia nge-tweet “PROMOTE? RT!”. Beberapa menit kemudian, 5 korban nge-RT tweet tersebut. Mereka adalah @butuhfollower @akusukatwitter @pengenkayakartis @maniakRT @ashtonkutcherwannabe. Maka di tweet selanjutnya, @MsAlayBangga akan menulis “Follow! @butuhfollower @akusukatwitter @pengenkayakartis @maniakRT @ashtonkutcherwannabe”. Dengan begini, follower dari @MsAlayBangga akan melihat tweet tersebut, dan mana tahu, ada yang tertarik untuk follow mereka. Dan itulah akhir dari rantaian, bisa dikatakan ini adalah win-win solution. @MsAlayBangga akan mendapat beberapa follower dari 5 orang tersebut, dan 5 orang tersebut akan mendapatkan beberapa follower dari @MsAlayBangga. Such a perfect example of cooperation, anyone?

Dan begitulah seterusnya. Ada juga variasi dari tweet tersebut seperti “PROMOTE? RT + FOLLOW!”.

Yeeeee ini mah kayak Follow Friday, bro!

Nggak. Bedanya sama follow friday, tidak ada win-win solution. Sang promotor di follow friday tidak mengharuskan orang yang di promote olehnya untuk meng-RT tweetnya (dengan kata lain, tidak mengharuskan untuk mem-promote balik dirinya). Dan biasanya, follow friday ini buat mereka yang merasa suatu akun twitter tersebut meng-tweet tulisan-tulisan bermutu, bukannya curcolan ABG labil.

Singkat kata, singkat cerita, saya mohon maaf bila ada yang tersinggung. Bila anda tersinggung, cepatlah bertobat. Gunakan twitter sebaik mungkin, bukan cuma jadi ajang cari popularitas ga penting. And that’s it, folks, my blogpost for today. I solemnly wish you luck in your life!

Good luck, have fun, happy birthday (especially buat Yuk Fella!), good afternoon, cheers.

Comments»

1. cjyforever - 23 June 2010

kykny bnyk yg ga stuju dgn post ini..
termasuk gw…

2. Risa - 23 June 2010

Gila gue setuju banget paraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhh
Gue pikir cuma gue yg berpikiran kayak gitu di dunia ini

Yg mau di PROMOTE RT bisa aja kali UNLIMITED wakakakakakakakakakakka
Nice
Nice

3. benci alay - 23 June 2010

Gw se7 bgt sama lo. SAY NO TO 4L4Y . Hahaha

4. TIWI - 23 June 2010

sekarang gue sadar-_- terimakasih! nice post and nice blog ehe

5. bil-bil - 19 November 2011

gw stujuu banget…*untung gw gak punya ciri2 alay*

6. Jiji21 - 5 November 2012

Haha… gue nggak sama sekali masuk kriteria alay. lo bisa liat dari tulisan gue, kan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: